Ulasan Game Hitman 3

Ulasan Game Hitman 3Ini menandai akhir dari apa yang disebut sebagai trilogi interaktif World of Assassination IO yang dimulai dengan reboot pertama Hitman oleh pengembang Denmark pada tahun 2016. Ini adalah beberapa game stealth berbasis sistem terbaik di PC, dan Hitman 3 melengkapi seri ini dengan koleksi level yang fantastis, beberapa yang terbaik di seluruh seri Hitman. Ini adalah sekuel spiritual dan mekanis dari dua game sebelumnya, tetapi IO masih memiliki beberapa kejutan. Dan satu tingkat khususnya bisa menjadi mahakarya studio.

Ulasan Game Hitman 3

basicgame – Saya berada di gudang terbengkalai di pinggiran Berlin. Laser tipis dan lampu sorot menyapu lantai dansa yang gelap, memperlihatkan lautan kepala yang terombang-ambing yang terhipnotis oleh musik techno yang berdenyut. Musiknya sangat keras, dan bassnya sangat dalam, membuat headphone saya bergetar. Tapi aku tidak di sini karena Agen 47 telah berhenti membunuh kontrak dan bergabung dengan adegan rave Jerman, meskipun itu akan menjadi cara yang cukup lucu untuk mengakhiri cerita. Saya di sini untuk membunuh tim pembunuh mematikan yang juga mencoba membunuh saya.

Baca Juga : 7 Game Xbox Yang Mirip Horizon Forbidden West

Info

  • Pengembang: IO Interactive
  • Penerbit: In-house
  • Rilis: 20 Januari 2021
  • Platform: Microsoft Windows, Nintendo Switch, PlayStation 5, Xbox Series X/S
  • Harga: Rp 645.000

Gameplay

Sepuluh pembunuh bayaran sedang berpatroli di gudang dan kawasan industri semak belukar yang mengelilinginya. Dan inilah kickernya: mereka tahu seperti apa penampilan saya, bahkan jika saya mengenakan penyamaran. Saya masih bisa berganti pakaian untuk berjalan melewati penjaga keamanan rendahan, tetapi pembunuh terlatih ini tidak mudah dibodohi. Jika mereka melihatku, mereka akan melepaskan tembakan, yang berarti aku harus mengandalkan kawanan raver yang mengeluarkan pil itu, dan arsitektur bangunan yang seperti labirin, untuk menyembunyikan diriku.

Sebagian besar target Hitman adalah pengecut yang bersembunyi di benteng di balik tembok penjaga bersenjata, yang membuat orang-orang ini sangat bersemangat untuk dilawan. Ini adalah dinamika yang sama sekali berbeda, dan sebagai hasilnya salah satu misi yang menantang dalam trilogi. Bahkan tidak ada Cerita Misi di level ini, sistem petunjuk dalam game yang biasanya menyarankan cara menghibur untuk membunuh target Anda. Ini mendorong Anda untuk bereksperimen dengan kotak pasir dan memimpikan metode Anda sendiri.

Untuk memperumit masalah, para pembunuh juga menyamar. Untuk mengidentifikasi mereka, saya harus mencuri lubang suara dan mendengarkan percakapan mereka. Ketika saya menangkap seseorang berbicara dengan pawang mereka dalam mode insting yang menyoroti target, tempat menarik, senjata, dan sebagainya, sampul mereka akan terbuka dan mereka ditandai secara permanen di peta. Sekarang yang harus saya lakukan adalah mencari cara untuk membunuh mereka tanpa ada yang memperhatikan, di depan ribuan saksi, di tengah rave. Saya bisa saja menembak mereka dan kabur, tentu saja, tapi itu bukan cara bermain Hitman.

Tampaknya mustahil pada awalnya. Beberapa target mengikuti rutinitas di mana mereka terus-menerus dikelilingi oleh orang-orang. Salah satunya, sang pemimpin, bahkan memiliki pengawal yang tidak pernah meninggalkan sisinya. Tetapi keindahan Hitman dengan hati-hati mempelajari level besar dan rumit ini, membuat peta mental, dan menemukan lubang di keamanan untuk dieksploitasi. Ketika Anda akhirnya berhasil membunuh lima pembunuh ini cukup untuk mengirim yang lain melarikan diri, rasanya luar biasa.

Sistem Mekanik Game

Meskipun Hitman 3 dibangun di atas fondasi kokoh yang diletakkan oleh dua bagian pertama dari trilogi, berbagi AI, sistem siluman, dan antarmuka pengguna yang sama, IO juga mengambil kesempatan ini untuk bereksperimen sedikit dengan formula yang telah dicoba dan diuji. Tingkat Berlin yang kompleks dan terbuka adalah yang paling dipercaya studio oleh pemain Hitman untuk memimpin dan mencari tahu sendiri. Dan di level lainnya, secara mengejutkan, hanya ada tiga Mission Stories per peta, dibandingkan dengan rata-rata sekitar sepuluh di level dua game sebelumnya.

Peluangnya masih ada: jebakan rumit yang harus disiapkan, orang yang berpose, jalan pintas yang harus diambil, kunci untuk digesek. Mereka hanya tidak ditandai dengan jelas kali ini, memaksa Anda untuk lebih terlibat dengan lingkungan di sekitar Anda. Pada intinya, ini masih merupakan permainan Hitman klasik, tetapi dalam banyak hal lebih menyenangkan dan eksperimental. Satu tingkat diatur di sebuah rumah tua berdebu di Dartmoor, Inggris melihat Agen 47 menyamar sebagai detektif swasta dan memecahkan misteri pembunuhan langsung dari novel Agatha Christie. Ini adalah gimmick, tetapi menyenangkan, putaran unik pada apa yang sebaliknya merupakan misi pembunuhan yang cukup khas.

Level Game

Rumah itu sendiri dibangun dengan brilian. Koridor panjang dan gelap dengan deretan lukisan cat minyak membuka ke ruang tamu yang cerah dan didekorasi dengan mewah. Dan di balik dinding ada labirin jalan rahasia yang bisa ditemukan dengan lubang intip untuk memata-matai orang. Ada juga perasaan terisolasi yang luar biasa, dengan rumah yang berdiri sendiri di hamparan tegalan yang tandus dan mendung yang membentang tanpa batas ke kejauhan. Tidak ada yang membuat tempat seperti IO Interactive, dan di Hitman 3 Anda akan menemukan beberapa kreasi terbaik pengembang hingga saat ini.

Chongqing juga menonjol. Ini adalah misi yang cukup mudah dibandingkan dengan Berlin dan Dartmoor, tetapi desain level yang luar biasa. Di atas, jalanan yang diguyur hujan dipenuhi dengan lampu neon berpendar, bar mie, blok apartemen, dan gang berliku yang dipenuhi sampah. Di bawah, fasilitas futuristik berkilau dengan keamanan berlapis, penjaga bersenjata lengkap, dan sistem ventilasi untuk dilewati. Level bertumpuk ganda yang sangat rumit ini adalah salah satu hal paling mengesankan yang pernah dibuat IO; baik dari segi atmosfir dan estetika, dan dalam banyak cara menarik untuk menavigasinya.

Sedangkan untuk level lainnya, Hitman 3 dibuka dengan Agen 47 melakukan perjalanan ke Dubai dan menyusup ke soirée glamor di puncak gedung tertingginya. Dia memasuki level dengan parasut, merangkak melalui jendela, mengenakan tuksedo, dan berbaur dengan kerumunan seolah-olah kami membutuhkan bukti lagi bahwa IO mencintai James Bond. Ini juga merupakan suguhan visual yang nyata, dengan pohon-pohon palem berlapis emas yang sangat besar, kolam yang memantulkan, dan pemandangan dramatis kota yang tertutup awan. Tetapi untuk semua pesonanya, ini adalah level yang agak sederhana dan tertutup, terasa lebih seperti tutorial untuk memudahkan pemain baru masuk.

Dubai memperkenalkan kamera digital, gadget baru yang sangat mudah dilupakan yang selalu ada dalam inventarisnya, terlepas dari apa yang Anda pilih pada fase perencanaan misi. Dengan itu Anda dapat memindai sesuatu untuk intel ekstra atau meretas panel elektronik untuk memicu hal-hal tertentu misalnya, mengaktifkan kaca buram jendela futuristik untuk menutupi Anda, atau membuka penutup ventilasi dari jarak jauh. Ini adalah tambahan yang sembrono, sungguh, dan terasa sedikit tidak pada tempatnya dalam permainan Hitman. Tetapi levelnya hampir tidak pernah dirancang di sekitarnya, jadi untungnya itu tidak terlalu mengganggu. Dan dalam mendukungnya, saya suka bagaimana Anda dapat menggunakan fungsi zoom untuk melihat ke depan.

Kemudian, 47 melakukan perjalanan ke Mendoza, Argentina dan menyelinap ke pesta kelas atas lainnya: kali ini di sebuah kilang anggur. Dengan matahari sore keemasan jatuh di atas kebun-kebun anggur, itu indah untuk dilihat, dan Kisah Misi yang melibatkan penembak jitu sangat jahat. Levelnya terbagi antara kilang anggur, tempat pesta diadakan, hamburan kaki bukit berbatu yang dipatroli oleh penjaga gaucho, dan vila kolonial tempat salah satu target Anda tinggal. Ini adalah level lain yang memainkan hal-hal yang relatif aman, tetapi jauh lebih detail dan terlibat daripada Dubai.

Peta keenam dan terakhir, yang terletak di antara Pegunungan Carpathian yang terjal di Rumania, sama sekali bukan level Hitman yang khas. Ini lebih seperti set-piece aksi, yang dirancang untuk menyelesaikan cerita Agen 47 dengan cara yang spektakuler. Ini adalah penutup yang dikoreografikan dengan ketat, secara visual mengesankan, tetapi pada dasarnya, naskahnya. Tanpa merusak apa pun, sifat level berarti tidak ada ruang untuk eksplorasi. Anda memang mendapatkan beberapa kesempatan untuk melenturkan kreativitas Anda, tetapi kebanyakan Anda hanya melakukan apa yang diperintahkan. Ini menjadikannya yang terlemah secara default, meskipun dibuat dengan tingkat perawatan dan polesan yang sama yang mendefinisikan semua level IO.

Selama bertahun-tahun, IO menjadi sangat baik dalam merancang banyak tantangan siluman kecil yang mengotori levelnya. Penempatan penjaga, senjata improvisasi, sudut buta, kamera keamanan, dan tempat persembunyian mayat seringkali sempurna. Ada momen-momen kecil dan memuaskan yang tak terhitung jumlahnya di level ini di mana Anda diberi cukup untuk secara cerdik mengakali AI dan menggunakan lingkungan untuk keuntungan Anda. Anda jarang merasa terpojok, atau dalam situasi Anda tidak dapat menemukan jalan keluar, yang menunjukkan kualitas desain game. Dan saat Anda membuka kunci alat dan gadget tambahan, kotak pasir semakin dalam dan semakin bervariasi.

Baca Juga : 12 Game Real-Time Strategy Terbaik Di Konsol

Pendapat Kami Tentang Game Hitman 3

Meskipun beberapa level lebih lemah, Hitman 3 adalah game siluman yang sensasional. Berlin, Chongqing, dan Dartmoor mewakili seri yang terbaik, yang merupakan cara yang bagus untuk mengakhiri trilogi. Dan jika Anda memiliki dua game pertama, Anda dapat sekali Epic mengetahui bagaimana (terbuka di tab baru) mengakses semua level tersebut di sini, dengan visual yang ditingkatkan dan kemampuan untuk menggunakan gadget dan senjata game baru di dalamnya. Lakukan itu, dan ini adalah salah satu game terbaik di PC dengan mudah. Jika ini adalah ulasan trilogi secara keseluruhan, saya akan menambahkan beberapa poin lagi pada skor ulasan. Tetapi bahkan dengan sendirinya, Hitman 3 adalah videogame yang luar biasa dan lagu swansong yang sempurna untuk Agen 47.

Skor: 90/100